Senin, 01 Februari 2010

Usai Direhab, Siring Irigasi Tupak Roboh

MUSIRAWAS, MS
BELUM lama selesai dikerjakan, siring irigasi Tupak di Desa Sadarkarya, Purwodadi, Kabupaten Musirawas, Sumatera Selatan, roboh.
Menurut Kepala Desa Sadarkarya, Tugino, robohnya siring yang direhab tahun 2009 dengan dana senilai Rp 998,9 juta ini terletak di Dusun IV. Dijelaskan, proyek Dinas PU Pengairan ini dua kali roboh. Yang pertama pada pertengahan Desember 2009 roboh sepanjang 5 meter, kemudian awal januari 2010, roboh sepanjang 200 meter.
Tugino menerangkan, siring roboh karena sewaktu perehaban tidak dipasang paralon dan reng balok kiri kanan, sehingga siring tidak kuat menahan terjangan air. “Untunglah pihak pemborong cepat memperbaiki, sehingga tidak merugikan petani,” kata Tugino.
Sedangkan kepala tukang Rakijan, menerangkan siring tersebut pasangan tegak dengan lebar 105 centi meter, tebal dasar 20 centi meter, dan kedalaman 120 centi meter, serta lebar ban atas 25 centi meter.
Sementara PPTK Krisna Ansori, Selasa, (26/1), mengatakan rehab siring di Desa Sadarkarya 300 meter, dan Tembok penahan tanggul 500 meter. Menurutnya siring roboh karena adanya kesalahan perencanaan. semestinya siring tersebut ditutup semua, sehingga kuat menahan terjangan tanah di samping siring tersebut.
“Saya ketahui siring tersebut roboh setelah mendapat telepon dari Kepala Dinas PU Pengairan, maka siring tersebut kami perbaiki. Dan sekarang sudah selesai di perbaiki,” terang Krisna, yang sekarang sudah pindah tugas ke Dinas Pertambangan Musirawas. (Amsul Efendi/Nasrullah)

0 komentar:

© 2008 Por *Templates para Você*